A FREE WEBINAR ~ PENGELOLAAN E-JOURNAL “BASIC SETUP FOR OJS 2.X”
Bukan suatu hal yang asing di telinga kebanyakan orang terutama bagi kalangan dosen, OJS atau Open Journal System menjadi salah satu software open source yang paling dikenal untuk kepentingan pengelolaan jurnal secara elektronik. Meski demikian, realita di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak pengelola e-journal yang belum memahami dan mengoptimalkan penggunaan software OJS tersebut. Padahal, tampilan e-journal memiliki poin yang cukup tinggi dalam penilaian akreditasi jurnal nasional (Arjuna).
Berawal dari keinginan untuk berbagi pemahaman dan pengalaman dalam mengelola e-journal, Prodi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara kemudian menggandeng Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa untuk menyelenggarakan sebuah webinar dengan topik “Basic Setup for OJS 2.X” dengan harapan 1) para peserta mampu mempercantik tampilan e-journal (stylesheet), 2) membuat menu tambahan (system plugin), 3) melengkapi deskripsi pengaturan (setup), dan 4) mendaftarkan laman e-journal pada DOAJ, salah satu mesin pengindeks internasional bereputasi sedang.
Webinar yang direncanakan pada hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2020 mulai jam 9 pagi sampai dengan 11 siang dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, bahkan seluruh peserta juga akan diberikan e-sertificate secara gratis. Akan ada dua orang pemateri yang akan mengisi webinar pada sesi pertama ini. Pemateri pertama, Singgih Subiyantoro, M.Pd., Kaprodi Teknologi Pendidikan FKIP UNIVET, sekaligus Editor in Chief Indonesian Journal of Instructional Media and Model. Sementara pemateri kedua, Dr. Sri Adi Widodo, M.Pd., Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST sekaligus Editor in Chief IndoMath: Indonesia Mathematics Education.
Zoom Cloud Meeting atau biasa dikenal dengan ZOOM akan digunakan sebagai media webinar. Selain sudah familier dan mudah digunakan, ZOOM juga memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti streaming YouTube dan Video Reccording. Agar bisa bergabung dalam acara webinar, para peserta diwajibkan mendaftar secara online melalui Google Formulir yang telah disediakan, selanjutnya peserta akan mendapat pesan balasan yang berisi URL Join Zoom Meeting.
Besar harapan kami, event webinar seperti ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para dosen atau pengelola e-journal sehingga mampu menambah wawasan, pengalaman, serta menjadi ajang untuk memperluas jejaring kerjasama antar lembaga.
11 Comments