PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVET SIAP BERIKAN LAYANAN KONSELING DARING
Sukoharjo (29/08/2020) Program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Univet Bantara Sukoharjo telah mempersiapkan layanan konseling berbasis daring melalui laman resmi bk.fkip.univetbantara.ac.id. Hal ini sebagai tindak lanjut pelaksanaan webinar BK Univet Bantara dengan judul “Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling berbasis Daring” yang dihadiri 200 peserta melalui platform Zoom Meeting. Acara yang dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Univet Bantara Sukoharjo, Drs. Toni Harsan, M.H. menggaris bawahi tetang peran bimbingan dan konseling di sekolah bukan sebagai polisi sekolah melainkan sebagai tenaga profesional yang membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi anak. Salah satu bentuk profesionalitas dengan cara mengimplementasikan layanan BK secara daring (dalam jaringan) sehingga pemberian layanan kepada peserta didik optimal dan stigma BK sebagai polisi sekolah/wadah orang bermasalah dapat memudar.
Webinar BK dihadiri 3 (tiga) pakar dan praktisi yang berkompeten dan syarat akan pengalaman yaitu: (1) bapak Mulawarman, Ph.D.; (2) ibu Dra. Sri Muji Wahyuni, M.Pd., Kons., ;dan (3) M. Arief Maulana, S.Pd., M.Pd. Bapak Mulawarwan menjelaskan kondisi global saat ini berada pada sulitnya memprediksi secara akurat, kerancuan informasi, dan perubahan yang sangat cepat. Untuk itu beliau menegaskan bahwa seluruh lini BK terlebih guru BK sebagai garda terdepan harus bisa inovatif dan kolaboratif seperti menerapkan pemberian layanan secara daring baik secara perangkat pengadministrasian hingga layanan-layanan yang ada di dalam BK. Walaupun ada kendala dalam PJJ, sebaiknya secara bijak guru BK bisa memilih sistem yang mudah dan murah dalam memberikan layanan seperti menggunakan whatsapp, moodle, google team, dan sebagainya. Sebagai penguat penjelasan bapak Mulawarwan, dijelaskan oleh ibu Sri Muji Wahyuni sebagai seorang praktisi/konselor di SMK 2 Karanganyar yang telah menerapkan layanan BK berbasis daring, ada beberapa trik untuk mempermudah layanan di masa pandemi yaitu secara konseptual dalam memberikan layanan tidak jauh berbeda dari segi tahapannya tetapi pada operasional perlu ditambahkan beberapa poin terutama penggunaan media daring sebagai penunjang pemberian layanan BK (klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individual). Kendala selalu dihadapi oleh beliau terlebih semua layanan berbasis daring, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu memilih media yang mudah digunakan, dan menekankan pada pernapasan 478 dimana sering dijumpai kekhawatiran peserta didik terhadap penggunaan gadget terlebih jika harus memantau layar secara terus menerus (teknik relaksasi).
Pelaksanaan teknis praktik lapangan oleh mahasiswa di sekolah mitra disampaikan oleh bapak arief maulana. Beliau menegaskan tentang tata aturan dan alur melaksanakan praktik di sekolah, hal ini disesuaikan dengan pemberian layanan secara daring sehingga terdapat poin-poin khusus yang perlu diselaraskan. Hal ini penting diketahui bagi mahasiswa da guru BK sekolah mitra bahwa BK FKIP Univet Bantara telah sesuai dengan perkembangan yang terjadi saat ini serta memperjelas kedudukan maupun tupoksi sebagai praktikan di sekolah mitra.
Hasil daripada webinar mengisyaratkan selain guru BK sebagai garda depan beradaptasi dengan pemberian layanan secara daring, BK FKIP Univet Bantara telah mengimplementasikan pemberian layanan secara daring dalam hal ini layanan konseling selain itu berbagai aktivitas proses pembelajaran juga diakses melalui SPADA UNIVET.
Leave a Comment