• (0271) 593156
  • fkip@univetbantara.ac.id
  • Senin – Jum’at: 08:00 – 14:00 WIB
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • HOME
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Visi Misi
    • Kurikulum
    • Dosen
    • Karyawan
    • Sarpras
  • PROGRAM STUDI
    • Pend Bhs& Str Indonesia
    • Pend Bhs& Str Daerah
    • Pend Bhs Inggris
    • Pendidikan Geografi
    • Pendidikan Sejarah
    • Pendidikan PKn
    • Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Biologi
    • Bimbingan & Konseling
    • Teknologi Pendidikan
    • Pendidikan Guru SD
    • Pendidikan Guru PAUD
    • Pendidikan Jasmani
    • Pendidikan Profesi Guru
  • MAHASISWA
    • Prestasi
    • Dokumen dan Pengumuman
    • Persuratan
  • PENJAMINAN MUTU
    • UPMI Fakultas
    • Dokumen SPMI
    • Akreditasi Prodi
    • Survei
  • DOWNLOAD
    • Kerjasama
    • Template
    • Kebijakan
    • Instrumen
    • Instrumen Akreditasi
    • Repository
  • BERITA
    • Berita Dosen
    • Berita Mahasiswa
    • Kerjasama
    • Pengumuman
  • adminfkip
  • 0 Comments
  • Uncategorized

PRODI PPKN SELENGGARAKAN KULIAH DOSEN TAMU TENTANG PENGUATAN PROFESIONALISME GURU DI MASA PANDEMI COVID 19

Sukoharjo (22/03/2021) Pembelajaran adalah suatu proses perubahan secara permanen sikap, perilaku, dan perbuatan serta pengetahuan peserta didik. Karenanya pembelajaran dilakukan secara terencana, terarah, terpadu dan berkelanjutan. Dalam konteks mata pelarajaran PPKn berdasarkan kurikulum tahun 2013, pembelajaran bermakna suatu proses  dalam upaya menidikan nilai karakter pada peserta didik yangdilakukan guru secara sistemik.

Dimasa pandemi covid 19 terjadi perubahan yang mendasar dalam proses pembelajaran yaitu dari pembelajaran tatap muka atau luring atau offline menjadi pembelajaran daring atau online dengan menggunakan aplikasi dan koneksi internet. Perubahan ini memiliki dampak yang sangat kompleks bagi guru PPKn karena PPKn lebih mengedepankan capaian pemeblajaran pada ranah afektif dengan tidak melupakan ranah psikomotorik dan kognitif. Atas dasar inilah program studi PPKn mengupas secara tuntas dengan melalui kajian ilmiah yang dikemas dalam kegiatan”Kuliah Dosen tamu” yang diselenggarakan pada Sabtu, 20 Maret 2021 dengan mengangkat tema ”Penguatan profesionalisme guru PPKn di masa pandemi covid 19” dan mengundang para nara sumber yang memiliki kompetensi di bidangnya yaitu: Dr. Mukhamad Murdiyono ,M.Si Ketua program studi Magister PKn dari Universitas Negeri Jogyakarta dan Drs. Suyahman,M.Si,M.H  sekretaris program studi PPKn FKIP Univet Bantara Sukoharjo. Titik pandang para nara sumber berbeda nara sumber pertama melihat penguatan profesionalieme guru PPKn dari sisi kreatif, innovatif dan adaptif, Narasumber kedua dari sisi strateginya dalam perspektif pendidikan karakter.  Di awal pembukaan host Siti Fatimah, M.H mengucapkan rasa terima kasih atas apresiasi peserta yang luar biasa dalam kegiatan kuliah dosen tamu ini.

Pelaksanaan Kuliah Dosen Tamu Prodi PPKn Secara Daring

Kuliah Dosen tamu diikuti oleh para guru, mahasiswa, maupun pemerhati pendidikan dan praktisi pendidikan sejumlah 212 orang berasal dari Sabang sampai Meraoke. Dalam sambutannya Kaprogdi PPKn,: Dra. MH. Sri Rahayu,M.Pd  menegaskan bahwa kuliah dosen tamu ini bermakna memberikan wawasan pengetahuan, pemahaman dan pengelaman khususnya bagi guru PPKn dan umumnya bagi semua guru dalam mensikapi perubahan mendasar proses pembelajaran dari luring menjadi daring dengan tetap mengedepankan capaian pembelajaran pada ranah sikap dan tidak melupakan dua ranah lainnya yaitu pengetahuan dan keterampilan.  Demikian juga dekan FKIP , Drs. Toni Harsan,M.H dalam sambutannya  menegaskan bahwa guru PPKn dengan predikatnya sebagai guru yang profesionalisme  harus mampu mengaplikasikan 4 kompetensi yaitu kompotensi pedagogie, kompotensi progesional, kompetensi sosial dan kompotensi kepribadian dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, kreatif, innovatif dan adaptif dalam upaya mendidikan nilai-nilai karakter pada peserta didik. 

Setelah nara sumber selesai mempresentasikan amteri dilanjutkan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Ika Murtiningsih, M.Pd. Di akhir sesi dipaparkan kesimpulan bahwa penguatan profesionalisme guru di masa pandemic covid 19 harus disikapi secara arif dan bijaksana, artinya guru PPkn harus berupaya merubah pola desain pembelajaran dari luring menjadi daring secara kreatif, innovatif, dan adaptif dengan mengutamakan capaian pembelajaran pada ranah afektif melalui strategi pembiasaan, keteladanan , hukuman dan penghargaan yang edukatif.

Prev PostUNIVET BANTARA SUKOHARJO SELENGGARAKAN SERAH TERIMA JABATAN REKTOR
Next Post8 MAHASISWA PRODI PGSD FKIP UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA (UNIVET BANTARA) SUKOHARJO LOLOS SELEKSI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PERINTIS (KMP) ANGKATAN 1 TAHUN 2021

Leave a Comment Cancel Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs Resmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara

Layanan Kami

  • Publikasi Artikel Ilmiah
  • Cek Plagiasi Artikel & Skripsi
  • Alih Bahasa Jawa/ Inggris
  • Penerbitan Hak Cipta

Profil Terbaru

https://www.youtube.com/watch?v=R5BZpdHvg_E

Link Terkait

  • Contacts
  • Services
  • FAQ
  • About Us

Senarai Istilah Jawa

fkip@univetbantara.ac.id info.fkipunivet@gmail.com
Telp. (0271) 593156 Whatsapp 0851-7954-5354
Jl. Letjen S. Humardani No. 1 Sukoharjo, Jawa Tengah
Copyright 2020 FKIP Univet Bantara, All rights reserved.